Taman Laut 17 Pulau Riung Surga Bawah Laut Yang Paling Terindah

18 Februari 2015 02:28 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Taman Laut 17 Pulau Riung terletak di Kecamatan Riung  Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang meliputi lima desa, yaitu: Nangamese, Sambinasi, Tadho Benteng Tengah, dan Lengkosambi. Taman laut ini merupakan kumpulan gugusan pulau-pulau besar dan kecil yang terhampar dan memanjang dari sebelah barat Toro Padang hingga Pulau Pangsar di sebelah Timur, hampir tidak ada manusia yang menghuni pulau-pulau pulau-pulau yang cukup indah ini.

 

Karena tidak berpenghuni serta lokasinya yang tersembunyi tentu saja kawasan wisata yang memiliki pemandangan elok ini jauh dari keramaian, tidak banyak orang yang datang ke Riung hanya beberapa wisatawan mancanegaralah yang terlihat berlibur menikmati keindahan taman laut di Flores ini.

 

Akses untuk menuju kekawasan ini memang terbilang cukup sulit dan benar-benar butuh perjuangan, namun karena kecantikan alam di kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung mampu menyehir setiap pengunjungnya untuk datang melihat keindahannya.

 

Keindahan alam sekitarnya, pasir putihnya yang mempesona serta keindahan alam bawah laut yang berwarna-warni, serta kejernihan airnya menjadikan lokasi ini sebagai tujuan wisata yang paling pas untuk melakukan kegiatan wisata berenang, menyelam, snorkeling, serta memotret bawah laut.

 

Serta masih banyak lagi kegiatan wisata menarik lainnya yang dapat anda lakukan selama berlibur ke kawasan wisata Taman Laut 17 Pulau Riung, Ngada. Berikut ini beberapa kawasan wisata yang ada di sekitar taman laut ini yang ramai di kunjungi oleh wisatawan asing.

 

Biasanya wisatawan yang suka menyelam menikmati keindahan bawah laut akan mengunjungi kawasan Pulau Batang Kolong. Di kawasan ini terdapat Mawar Laut Merah, bunga laut ini terlihat memarah dan seakan-akan menyala dan sangat terlihat indah. Sebenarnya bunga ini adalah kumpulan telur dari Kelinci Laut raksasa berwarna merah (Hexabranchus sanguineus) dengan ukuran 30 centimeter.

 

Ada pula yang mengunjungi kawasan Pulau Meja atau Tembaga , di kepulauan ini terdapat kipas laut raksasa yang cantik dan sangat populer dikalangan wisata selain itu masih banyak lagi yang dapat anda lihat di peraian kepulauan ini.

 

Anda juga dapat mengunjungi pulau Sui, dikawasan ini terdapat jurang dan tebing bawah laut yang memesona dengan acropora yang indah. Cocok sekali bagi anda yang suka membuat video keindahan bawah laut.

 

Selain itu masih banyak kepulauan lainnya yang masih menjadi bagian dari kepulauan Taman Laut 17 Pulau Riung, Ngada yang dapat anda kunjungi. Rata-rata pulau-pulau di kawasan ini memiliki keindahan serta keunikan tersendiri.