Supiori Alam Papua di Laut Pasifik Yang Mendunia

18 Februari 2015 03:02 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Supiori hingga saat ini masih merupakan pulau terkecil dan termuda di Indonesia. Pulau yang beribu kota di Sorendiweri ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor sejak 2003 silam. Kawasan Supiori merupakan luas wilayah daratan sekira 704,24 km2 yang membentang di perairan Pasifik dan berupa daerah pegunungan hanya beberapa bagian saja yang berupa daerah dataran rendah.

 

Selain itu kepulauan ini juga masih berupa kawasan hutan. Tentu akan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang menyukai penjelajahan. Dikawasan hutan Supiori ini banyak ditemukan flora yang unik misalnya saja seperti Matoa Damar, Merbau, Manggustan, Ketapang Hutan, pandanus (pohon buah merah), dan berbagai jenis bambu. Selain itu juga banyak ditemukan berbagai jenis anggrek hutan yang masih di lindungi.

 

Kasan ini juga banyak didiami oleh Berbagai fauna dan flora endemik misalnya seperti burung Kakak Tua Hitam Jambul Kuning, Kakak Tua Raja Jambul Merah, Kuskus, burung Cendrawasih burung mahkota, kakak tua putih, mambruk, nuri hijau/merah, nuri kepala hitam, kumkum dan lainnya. Kawasan ini menjadi sangat cocok sekali bagi anda para pecinta alam bebas untuk menyaksikan alam yang masih sempurna ini.

 

Lain hanya dengan alam daratnya, alam bawah laut pulau Supiori juga di kenal kaya akan biota baah lautnya. Kawasan ini dikenal dengan kekayaan ikan-ikannya, beberapa jenis ikan yang hidup diperairan ini adalah ikan Cakalang, Tuna, baronang, tenggiri, Kuwe, Napoleon, Kumis Merah, Kerapung, Teripang serta juga terkenal dengan Rumpu Lautnya. Selain itu peraian pulau ini juga dikenal menjadi rumahnya berbagai jenis udang dan lobster dan menjadi rumahnya para sekawanan penyu dari berbagai jenis. Menyelam dikawasan perairan bawah laut Supiori tentu akan memberikan sensasi yang sangat berbeda.

 

Keindahan pulau ini sudah populer lebih dulu jauh sebelum Raja Ampat sepopuler seperti saat ini, terutama pada saat Pulau Biak menjadi lokasi teransit penerbangan Jakarta - Biak - Honolulu - Los Angeles. Kawan yang paling populer di kepulauan Supiori adalah  Mapia, Pulau Rani, dan Miossufonsi. Ketiga pulau ini sudah sangat populer di Asia dan juga Eropa.