Danau Poso Surganya Surganya Bunga Anggrek

12 Februari 2015 21:20 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba diSumatera Utara dan Danau Singkarak di Sumatera Barat. Danau Poso terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. masih berada dikawasan rute jalur utama dari Toraja di bagian Selatan, Gorontalo dan Manado di bagian Utara.

 

Danau Poso di kelilingi dengan pemandangan indah hijaunya perbukitan dan hutan yang ada disekitarnya, sehingga membuat kasawan danau ini memiliki hawa sejuknya perbukitan. Uniknya dari danau ini adalah tetap bisa memiliki air yang jernih walahpun sering terjadi banjir di sungai-sungai yang bermuara pada danau ini, sehingga oleh masyarakat setempat danau ini kenala memiliki air jernih sepanjang masa.

 

Keunukan lainnya dari danau ini adalah warna air danaunya yang berbeda yakni dibagian tepi danau airnya berwarna Hijau sedangkan dibagian tengahnya berwarna Biru. Selain itu masyarakat setempat juga mengaku kerap melihat cahaya yang berpindah-pindah di danau ini saat malam hari, cahaya tersebut diyakini adalah mata dari seekor Naga, penjaga dana Poso.

 

Banyak kegiatan wisata yang dapat anda lakukan selama berlibur di kawasan Danau Poso yang bakalan membuat anda betah berlama-lama. Anda bisa berkeliling melihat perkebunan cengkeh yang tumbuh diperbukitan sekitar danau, atau anda bisa memancing, di danau ini hidup sejenis ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia.

 

Atau jika mau anda bisa berenang di perairan danau yang jernih ini, jika tidak ingin basah anda bisa mengelilingi danau dengan mendayung sampan, atau pergi hiking ke hutan dan gunung di sekitar Danau Poso. Masyarakat disekitar danau ini dikenal cukup ramah hingga anda bisa membaur menyapa menanyakan mengenai kebudayaan atau keindahan alamnya yang lain.

 

Jika anda menyukai bunga anda bisa mendatangi Desa Bancea, yang lokasinya tidak jauh dari danau Poso. Desa ini dijadikan sebagai lokasi pengembangan taman anggrek yang berlokasi di Taman Anggrek Bancea. Setidaknya taman ini memiliki sekitar 55 jenis Anggrek langka, termasuk diantaranya koleksi anggrek liar.

 

Pada minggu keempat di bulan Agustus di Danau Poso ini digelar sebuah perayaan vestifal yang dikenal dengan Festival Danau Poso. Yang menampilkan beragam kesenian daerah dari kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tengah.