Anambas Pesona Kepulauan Terbaik di Asia

18 Februari 2015 03:00 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Anambas merupakan sebuah kabupaten seluas 46.667 km2 yang berlokasi di Laut China Selatan, Anambas merupakan sebuah kepulauan teropis. Dan lokasinya berada di tapal batas terdepan wilayah NKRI. Sisi terluar dari Anambas ini sudah lebih banyak di lalui oleh kapal-kapal Internasional. Kepulauan Anambas sendiri masih bagian dari Provinsi Kepulauan Riau dan hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna.

 

Bukan tanpa alasan jika dikatakan kepulauan Anambas merupakan kepulaua yang wajib untuk didatangi apa bila mencari keindahan alam yang keindahannya di akui oleh dunia. Hal ini karena oleh CNN.com keelokan alamnya pada tahun 2013 lalu ditempatkan di tempat atau urutan teratas yang paling terbaik diantara kepulauan tropis yang ada didunia, seperti Similan (Thailand), Koh Chang (Thailand), Halong Bay (Vietnam) dan Langwaki (Malaysia).

 

Kepulauan hasil pemekaran dari kepulauan Natuna ini juga memiliki keistimewaan yang wajar jika di tempatkan di urutan paling teratas keelokannya, keistimewaan itu sendiri ialah memiliki sejumlah laguna atau danau air laut yang terpisah dari lautan lepas. Hal ini bisa dijelaskan secara alamiah karena bentangan alamnyalah yang membuatnya memiliki beberapa pulau-pulau kecil seperti Pulau Bawah, Pantai Selat Rangsang, pantai Pulau Penjalin serta Pulau Rongkat yang saat air laut pasang maka gundukan pasir yang terdapat di kepulauan ini akan membentuk pembatas antara air laut di dalam dan di luar gugusan pulaunya. 

 

 

Banyak keegiatan wisata yang dapat anda lakukan selama berlibur di Anambas, misalnya saja dengan mengunjungi Pulau Penjalin lokasinya berada di Kecamatan Palmatak. Laguna yang satu ini memiliki peraiaran jernih dan tenang, cocok untuk melakukan kegiatan berenang, snorkeling, atau berkano.

 

Selain itu anda juga dapat mengunjungi kawasan Pulau Selat Rangsang, Pesisirnya berair tenang sangat cocok untuk snorkeling, laguna yang satu ini memiliki pasar putih yang dipercantik dengan pepohonan kelapa dan dedaunan rindang yang tumbuh di sekitarnya.

 

Kawasan lainnya yang dapat anda kunjungi adalah Pulau Durai yang memiliki lokasi yang sangat indah, selain itu kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi Penyu, ketika sore hari tiba kawasan ini akan ramai didatangi oleh puluhan penyu.

 

Dan yang jangan sampai terlewatkan adalah kawasan Pulau Bawah yang karena keberadaan pulau ini lah pulau Anambas oleh CNN.com disebut sebagai pulau teropis terbaik di Asia, dipulau ini banyak terdapat gugusan-gugusan kecil yang sangat indah. Selain itu anda juga dapat mengunjungi kawasan Pantai Tanjung Momong dan Pasir Manang berlokasi di Pulau Siantan dekat dari Kota Tarempa.