Kepulauan Togean: Keindahan Alam Dengan Gugusan Pulau-pulau Indahnya

12 Februari 2015 21:17 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Kepulauan Togean, merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang berada ditengah Teluk Tomin. Pulau ini masih temasuk kedalam bagian taman Nasional yang terletak di Teluk Tomoni di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Di Kepulauan ini anda bisa menyaksikan keindahan hamparan padang lamun patai atau ‘nambo’ (seagrass bed).

 

Pulau ini diketahui menjadi rumah bagi beberapa spesies penyu langka seperti penyu hijau (Chelonia mygas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbriocata) untuk berkembang biak dan juga untuk mencari makan. Dikepulauan ini juga banyak ditemukan berbagai jenis pohon Mafrove setidaknya terdapat sekitar 33 jenis yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati (true mangrove) dan 14 jenis mangrove ikutan (associate mangrove). 

 

Dan yang paling menakjubkannya lagi adalah keindahan bawah lautnya dimana anda masih bisa menemukan banyak jenis ikan-ikan yang hidup diperairan pulau ini misalnya saja seperti kima raksasa (Tridacna gigas), paus pilot, lola (Trochus niloticus), hiu Karang abu-abu, ikan pari manta, ikan trevally mata besar, yang berenang diantara indahnya warna-warni karang.

 

Sedangkan alam datarannya banyak hidup endemik Sulawesi seperti Kuskus (Ailurops Ursinus), Tangkasi (Tarsius sp), Ketam Kenari (Birgus latro) dan Rusa (Cervus timorensis) dan masih banyak lagi hewan lainnya yang dilindungi negara hidup dikawasan wisata ini. Selain itu keouulauan ini juga menjadi rumah bagi 90 jenis burung yang juga sama-sama dilindungi.

 

Terdapat banyak kawasan wisata yang dapat anda jadikan sebagai tujuan wisata, misalnya saja dengan mengunjungi pemukiman rang (suku) Bajoe di Kabalutan, Pulau Enam,Pulau Malenge, atau anda bisa melihat rumah asli suku bajo yang terdapat di Kayome yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya. Rumah ini cukup unik karena dibangun dengan menggunkan paku sama sekali bahkan satu pun tidak digunakan.

 

Anda pun juga dapat mengunjungi pulau atau kawasan wisata menarik lainnya yang banyak terdapat di pulau Togean. Kawasan wisata menarik lainnya yang ada di Togean adalah Pulau Kadidiri yang dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang bagaikan surga dunia yang sudah indah tampa sentuhan apapun.