Compang Ruteng Desa Tradisional yang Unik

10 Februari 2015 17:32 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Compang Ruteng terletak di pusat desa Pu’u Ruteng Kecamatan Golo Dukal, Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Compang sendiri adalah sebuah altar batu yang biasanya ditemukan dihalaman rumah-rumah tradisional milik masyarakat Manggarai. 

 

Di setiap upacara tradisonal Penti Compang dijadikan sebagai pusat inti yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa trimakasih terhadap tuhan atas keberhasilan hasil panen yang berlimpah. Biasanya untuk acara adan ini masyarakat setempat menggunakan Kerbau atau Sapi untuk dikorbankan dimana kedua hewan tersebut diikatkan pada Compang.

 

Letak batu Compang sendiri biasanya ada pada posisi yang lebih tinggi dari rumah penduduk setempat. Dahulunya di atas batu Compang terapat sebuah pohon beringin yang oleh masyarakat disebut dengan sebutan pohon lokal. Akan tetapi setalah pada saat itu pohon tersebut diganti dengan pohon Dadap.

 

Kegiatan yang dapat dilakukan selama berlibur di Compang Ruteng adalah anda bisa melihat langsung dan memasukki rumah adat yang dikenal dengan nama Rumah Gendang. Anda bisa melihat-lihat keunikan rumah adat ini mulai dari interior kayu, struktur serta peralatan tradisional lainya yang di gunakan untuk perayaan tari tadisional seperti drum kecil, gong serta perisai.

 

Uniknya dari wisata ini adalah ketika anda pertama kali anda memasuki rumah adat ini, anda bakalan disambut secara resmi yang dilengkapi dengan serangkayan acara adat semacam ritual yang perlu di ikuti oleh anda. Untuk masalah bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat setempat adalah bahasa lokal yakni bahasa Manggarai penduduk juga mengerti bahasa Indonesia hingga anda tidak perlu merasa khawatir.

 

Untuk mengunjungi Compang Ruteng ini anda tidak perlu khawatir karena letaknya berdekatan dengan pusat kota Ruteng. Menuju tempat ini pun anda bisa mengunakan bemo atau taksi motor setelah itu anda tinggal melanjutkan sedikit perjalanan anda dengan berjalan kaki.

 

Setelah puas berjalan-jalan dan mengikuti serangkaian acara adat sebagai bentuk penyambutan di Compang Ruteng anda pun bisa berburu suvenir lokal. Yang paling populer di sini adalah kainnya yakni jenis kain tenunan songket dari Manggarai dan daerah lain di Flores.