Keindahan Tersembunyi Pantai Koka

09 Februari 2015 20:44 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Pantai Koka merupakan salah satu pantai yang terletak di Dusun Kangarusa, Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Keindahan pantainya yang luar biasa oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai tempat dimana alam bisa memanjakan mata dan batin manusia sekaligus.

 

Pantai Koka merupakan ilustrasi alam yang benar-benar indah dan masih perawan. Pada tahun 90-an silam pantai ini pernah disinggahi oleh tamu dari Eropa. Pesona yang sangan menawan terlihat benar-benar alami dan sangat menarik untukk di lihat lebih dekat.

 

Sampai ini masih belum banyak orang yang mengunjungi kawasan pantai ini sehingga membuatnya menjadi keindahaan alam yang sengaja tidak untuk dipamerkan pada dunia yang bisa membuat pesonanya berkurang.

 

Pantai yang memiliki pasir halus berwarna keemasan ini hanya di singgahi oleh beberapa nelayang yang berteduh di bawah pepohaonan rindang yang tumbuh diantara pantai yang melengkung yang seolah tersenyum satu sama lain.

 

Terlihat seperti tersenyum ini dikarenakan posisinya yang diapit langsung oleh dua tanjung. Dibagian tengah pantai ini terdapat sebuah pulau kecil. Oleh masyarakat setempat pulau kecil tersebut disebut sebagai Watu Ngesu (Batu Lesung), yyang memiliki mitos yang tetap tejaga sampai saat ini, dimana diyakini jika pulau kecil tersebut di huni oleh Gurita.

 

Selain itu terdapat pula kepercayaan jika pulau kecil yang berada di tengah pantai Koka dulunya adalah sebuah kapal yang teggelam yang konon kapal tersebut berasal dari Sabu. Selain itu menurut masyarakat pulau tersebut akan bergerak saat tengah malam layaknya sebuah kapal berlayar menuju Kupang (arah ke Sabu).

 

Dan yang paling uniknya lagi diyakini oleh masyarakat jika melihat kejadian tersebut sebaik jangan menceritakannya terhadap siapapun karena pamali, sebaiknya hanya melihatnya saja. Terdapat pula kepercayaan bahwa para anak buah kapal tersebut berubah menjelma menjadi ular Belang yang akan berkeliaran saat malam hari menyelinap diantara sela-sela bebatuan namun ular tersebut tidak menggigit karena jinak.

 

Terlepas dari mitos-mitos tersebut pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa menarik, airnya yang bersih dan sangat jernih membuat kawasan pantai ini semakin eksotis dan menarik untuk di kunjungi.

 

Bagi masyarakat setempat pantai ini merupakan sumber hidup mereka dalam sehari-hari. Sedangkan bagi kalangan anak-anak pantai ini merupakan tempat bermain yang asik.