Wisata Pantai Parang Teriris Istana Ratu Kidul

31 Januari 2015 14:48 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang kaya akan makna keindahannya. Pantai yang oleh masyarakat Yogyakarta kerap dipilih menjadi lokasi ritual budaya ini di percara memiliki nilai magis yang tinggi, masyarakat setempat percaya jika pantai Parangtritis merupakan pintu masuk menuju Istana Kerajaan Laut Selatan yang berada dalam kekuasaan Kanjeng Ratu Kidul yang legendanya tetap terjaga dan tetap di percaya hingga saat ini.

 

Bagi setiap pengunjung pantai yang hendak berlibur dipantai ini sangat tidak disarankan untuk mengenkan pakaian berwarna Hijau, karena dipercaya akan terjadi sesuatu yang buruk akan terjadi apa bila tetap mengenakannya saat berkunjung kepantai. Hal ini lantaran konon menurut masyarakat ratu Kidul sangan menyukai warna Hijau. Percaya atau tidaknya ada baiknyauntuk berjaga-jaga menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

 

Tidak hanya magis dan legenda Ratu Kidul saja yang ditawarkan oleh pantai yang memiliki hamparan pasir yang luas. Pantai ini juga memiliki pemandangan indahnya Matahari terbenam. Sehingga membuat pantai ini ramai dengan pengunjung ketika sudah senja mendekat.

 

Selain itu banyak kegiatan menarik yang dapat anda lakukan, anda bisa berkeliling menikmati keindahan pantai serta sapaan lembutnya angin. Saat berkeliling anda bisa berjalan kaki atau dengan cara menggunakan kuda, jika tidak dapat menunggang sendiri anda bisa naik Bendi atau kereta Kuda yang dapat anda sewa yang memang sudah disewakan.

 

Anda juga bisa melakukan kegiatan yang berbeda yakni dengan bermain layang-layang. Kawasan pantai Parangtritis sangat cocok sekali untuk di gunakan sebagai tempat favorit untuk bermain menerbangkan layang-layang, pantai ini kerap di pilih sebagai tuan rumah untuk perayaan festival layang-layang baik tingkat daerah maupun nasional.

 

Pantai yang dipercaya memiliki peran penting bagi Yogyakarta ini kerap dijadikan sebaga tempat pemotretan baik untuk pembuatan iklan atau untuk foto prawedding, karena gumuk atau gundukan pasir di sekitar pantainya yang indah. Bahkan pantai ini di sebut-sebut sebagai gurun pasir di Asia Tenggara.

 

Pantai Parangteritis berada di lokasi yang cukup setrategis hanya berjarak 30 km dari pusat kota, lebih tepatnya berlokasi di jalan Parangtritis KM 28 Yogyakarta. Anda pun bisa dengan mudah menjangkau lokasi pantai baik menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum.