Teluk Triton Menyaksikan Indahnya Pesona Senja dan Kedekan Mayarakat dengan Ikan Paus

18 Februari 2015 09:28 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Teluk Triton merupakan surga yang cantik untuk di jadikan sebagai tujuan wisata. Kawasan wisata alam ini terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Dari sinia anda akan merasakan teduhnya lautan yang dipercantik dengan langit berwarna jingga terpendar dari Matahari. Kawan ini menjadi lokasi yang paling sempurna untuk menikmati kesempurnaan senja di tengah garis cakrwala.

 

Selain menjadi lokasi yang paling pas untuk menilmati keindahan mentari terbenamnya yang sangat eksotis, Teluk Triton menjadi rumah bagi sekira 959 jenis ikan dan 471 jenis karang yang hidup di bawah lautnya. Di perairan ini anda bisa menemukan paus bryde yang bisa melakukan atraksi menari-nari ditengah lautan dan terkadang menyemburkan air ke udara dari lubang punggungnya.

 

Uniknya msyarakat Teluk Triton terlihat begitu akrab dengan paus-paus yang ada di teluk ini, hal ini di karenakan oleh masyarakat setampat paus-paus ini di anggap sebagai bagian dari mereka dan kerap dianggap sebagai penyelamat, tidak ada satu masyarakat pun yang memburu ikan-ikan ini. Jadi tidak aneh dan tidak sulit jika akan dengan mudah menemukan mamalia ini menampakkan wujudnya dipermukaan lauat walau sedang ramai.

 

Teluk Triton juga memiliki jenis karang lunak atau biasa disebut dengan soft coral. Titik lokasi menyelam yang paling populer di kawasan teluk ini adalah di sekitar Temintoi dan Selat Iris. Dikawasan ini anda bisa menyelam atau memancing sembari menunggu keindahan matahari terbenamnya yang sangat eksotis.

 

Jika anda sudah puas bermain-main di perairannya, anda bisa pergi menjelajah kekawsan  pegunungan di Maimai. Dikawasan ini juga populer dengan keindahan budaya, serta masih banyaknnya ditemukan gambar-gambar kuno dari zaman prasejarah. Di dingding tebing karang sepanjang 1 kilometer ini anda bisa menemukan lukisan-lukisan kuno, berupa bekas telapak tangan, binatang serta tengkorak. 

 

Hingga sekarang lukisan yang terbuat dari pewarnaan alami itu masih nampak jelas. Uniknya semua lukisan tersebut tergambar dibagian lagit-langit tebingnya, sehingga anda tidak dapat menyentuhnnya dan hanya dapat menyaksikannya. Selain itu masih banyak lagi keunikan dari kawasan ini yang dapat anda temukan dan tentunya keunikan yang akan anda teemukan ini memiliki makna.