Pura Ulun Danu Beratan Pesona Keindahan Alam Magis

31 Januari 2015 14:56 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Lokasi Pura Ulun danau ini berada di kawasan bedugul Kabupaten Taban. Masih berada dikawasan dataran tinggi tentusaja Pura ini memiliki hawa yang sangat sejuk dan bahkan kadang-kadang di selimuti kabut yang semakin mempercantik pemandangan sekitarnya.

 

Kebersihan danau Beratan yang masih sangat bersih di tambah dengan pemandangan alam sekitsr yang mengelilinga masih sangat asri semakin  mempercantik pemandangan  alam. Susana tepian danau serta pemandangan pura Ulun Danu yang berada tepat ditengah danau menghadairkan sajian pmandangan tersendiri saat mengunjungi kawasan wisata alam ini.

 

Pemandangan pura Ulun Danau akan menghadirkan suasana magis tatkalas uasana kabut melingkupi pura. Hal menarik yang bakalan kamu rasakan saat berada dikawasan ini ialah ketenagan yang membuat hati menjadi terasa sangat damai.

 

Pura Ulun Danau Baratan atau Baratan Pura sedianya merupakan sebuah candi seperti pada umumnya yang ada dibali, namun candi ini menjadi sangat populer lantaran berda ditengah danau yakni danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul. Oleh masyarakat Bali pura ini dianggap suci umat Hindu yang dibuat untuk memuja dewi Danau yakni dewi air, danau dan sungai.

 

Sedangkan danau yang ada disekitar pura merupakan danau terpenting bagi masyarakat sekitar karena airnya dihgunakan untuk irigasi. Danau ini pun juga dianggap sebagai danau ‘gunung suci’. Menurut mitos yang tersebar dimasayarakat sekitar dahulunya danau Brata merupakan danau terbesar dipulau Bali, namun kemudian danau ini terpecah menjadi kedalam tiga bagian setelah adanya gempa Bumi yang sangat dahsat.

 

Selama berada dikasan Bedugul tempat Pura Ulun Batu berada anda bisa melakukak kegiatan berwisata santai menikmati udara sejuk dari pegunungan serta menikmati keindahan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu dengan cara berjalan santai atau dengancara menyewa perahu mengelilingi danau.

 

Anda bisa menyewa kapal Bot atau Sampan yang memang sudah disewakan di sekitar danau. Uniknya dari kawasan ini adalah selain keberadaan pura yang oleh masyarakat hindu bali diniai suci juga terdapat Mesjid dan juga Wihara. Seolah menjadi petunjuk betapa toleransi agama di sekitar danau ini sangatlah dibangun oleh setiap masyarakatnya.