Lokasi Wisata Menarik Raja Ampat Dan Sekitarnya

07 Februari 2015 07:08 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Keindahan Raja Ampat sudah terkenal hingga ke seluruh dunia. Keindahan alamnya mulai dari pegunungannya hingga kedasar-dasar lautnya pun sudah sangat populer di dunuia. Hingga serasa seluruh kabupaten di perovinsi Papua Barat yang beribu kota Waisa tersebut adalah surga dunia yang sesungguhnya. Karena anugrah tuhan untuk negri ini benar-benar terlihat sangat sempurna lewat keindahan Raja Ampat.

 

Setidaknya terdapat sekitar 610 pulau kecil dan empat pulau besar yang ada di kabupaten ini. Keempat pulau besar tersebut ialah puau Misool, Salawati, Batanta dan pulau Waigeo sendriri.

 

Untuk lebih dekat lagi menikmati keindahan alam Raja Ampat berikut ini adalah lokasi-lokasi wisa di Raja Ampat dan sekitarnya yang juga patut kamu kunjungi.

 

1.Pulau Wayag

Pulau ini merupakan salah satu destinasi favorit yang juga wajib untuk kamu kunjungi. Setibanya di pulau ini wisatawan diwajibkan untuk melapor terlebih dahulu ke petugas konservasi yang bertuga disana dengan menunjukkan PIN Raja Ampat yang telah dibeli sebelum memasuki kawasan ini. Di pulau Wayag ini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandanganalam yang asih asri dan diajak untuk mendaki perbukitan. Tapi jagan banyangkan kalau bukit yang di daki sama dengan bukit-bukit yang ditemukan dipulau jawa atau bagian Indonesia lainnya.

 

Bukit yang di daki dikawasan ini adalah bukit karang yang terjal. Setelah sampai diatas bukit wisatawan akan di suguhkan dengan pemandangan alam asri yang semakin cantik dengan gugusan pulai kecil yang ada di sekitar keepulauan Wayag.

 

2.Piaynemo

Piaynemo merupakan pulau terpencil yang letaknya paling ujug dapat ditempuh selama perjalanan kurang lebih 3-4 jam jika dari Waisai. Di kawasan ini masih belum terdapat sinyal ponsel sama sekali dan hanya terdapat sebuah homestay.

 

Kawasan ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah yang berupa perbukitan karang kecil. Tidak sedikit yang mengatakan jika Piaynemo merupakan Wayag kecil. Di sepanjang jalan menuju kawasan ini ada akan disuguhkan dengan kecantikan alam Papua serta akan dengan mudah sekali menemukan spot-spot yang bagus untuk dijadikan lokasi snorkling.

 

3.Desa-desa

Selain menyajikan lokasi wisata berupa pulau-pulau kecilnya, Raja Ampat juga masih memiliki desa-desa yang bisa dijadikan sebagai desa wisata atau tujuan wisata yang tentunya juga tidak akalah menarik dan seru. Desa-desa tersebut diantaranya ialah Arborek Yenbuba dan juga Sawingray.

 

Penduduk di kawasan wisata ini sebagian besar bisa dibilang sangat pandai dalam membuat kerajinan topi dan tas tali (Noken) yang sebagian besar di kerjakan oleh kaum wanita atau ibu-ibu. Kerajinan ini pas sekali jika dijadikan sebagai oleh-oleh khas Raja Ampat. Keramahan warganya di desa ini juga dapat dilihat dari anak-anak desa yang akan berhamburan menyambut kedatangan wisatawan.


4.Misol

Biasanya wisatawan hanya akan berlibur atau hanya mengunjungi lokasi wisata di bagian Pualu Weigeo, Wayag, Piaynemo dan sekitarnya. Padahan di pulau Misool ini juga banyak terdapat lokasi-lokasi yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata diantaranya ialah Gua Keramat dan Gua tengkorak Tomolol, Bukit Harfat (Harfat Hill), Dafalen, Balbulol serta danau Ubur-ubur.