Indahnya Surga Bawah Laut Pulau Alor di Selat Pantar

09 Februari 2015 20:43 | Berita Utama | Dikirim oleh: Administrator

Selat Pantar merupakan salah satu taman laut Nasional yang memiliki keunikan serta keindahan bawah laut yang luar biasa sehingga bisa dikatakan sebanding dengan Laut Karibia di dekat Amerika Tengah. 

 

Perpaduan antara perairan Indonesia yang hangat dan perairan Australia yang dingin membuat kawasan taman bawah lut ini menarik untuk di kunjungi. Saat menyelam di Alor para penyelam akan di ditemani oleh Sunfismenyaksikan kekayaan boat alaut di pulau ini serta melihat lebih banyak lagi sunfish atau mola-mola yang berumah di Alor.

 

Letak Selat Pantar berada di antara pulau Alor dan Pantar di Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) memungkinkan para wisata yang menyelam menyaksikan banyaknya tebing dan jurang yang ditumbuhi oleh terumbu karang yang tersusun seperti rak buku dimana setiap raknya di isi atau di huni oleh jenis biota laut yang beragam.

 

Anda bisa memulai kegiatan menyelam di taman bawah laut dari Pelabuhan Kalabahi dan beberapa dermaga sekitarnya. Segala kebutuhan terkait penyelaman akan di atur oleh oprator penyelam untuk itu sebaiknya sebelum melakukan penyelaman agar menyewa jasa oprator menyelam. Uniknya lagi adalah anda bisa melakukan penyelaman di kawasan taman nasional ini pada saat malam hari.

 

Keunikan lainnya yang dapat anda temukan ialah rata-rata oprator penyelam dikawasan taman nasional bawah laut ini adalah orang asing, dan rata-rata sudah fasih menggunakan bahasa Indonesia sehingga anda tidak perlu repot-repot menggunakan bahas asing. Para oprator sudah fasing menggunakan baha Indonesia karena mereka sudah lama tinggal di Alor dan sekitarnya.

 

Setidaknya terdapat lebih dari 60 titik lokasi penyelaman yang ada di perairan sekitar Alor, dari 60 titik tersebut 20 titik lokasi penyelaman merupakan lokasi yang berkualita dan merupakan terbaik di dunia. Keseluruhan titik penyelaman tersebut tersebar mulai dariAlor Kecil, Alor Besar, Dulolong, Pulau Kepa, Pulau Buaya, Pulau Pantar, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. 

 

Waktu yang paling baik untuk melakukan penyelaman di kawasan Taman Nasional Bawah laut di Selat Pantar ini adalah pada bulan Oktober sampai November karena pada bulan itu arus laut cukup tenang dan  bersahabat bagi penyelam.